Senin, 09 Januari 2017

KISI - KISI UJIAN PRAKTEK







KISI-KISI DAN PEDOMAN PENILAIAN

UJIAN PRAKTIK


UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Tahun Pelajaran 2016/2017



SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)




KEMENTERIAN AGAMA RI
DITJEN PENDIDIKAN ISLAM
DIREKTORAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2016





KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Tahun Pelajaran 2016/2017

Jenis Ujian     : Praktik
Tingkat           : SMA / SMK

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI)mencakup 3 (tiga) ranah yang diujikan, yaitu: ranah sikapmelalui penilaian akhlak mulia, ranah pengetahuan melalui ujian tulis, , dan ranah keterampilanmelalui ujian praktik.
Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur keterampilan peserta didik dalam aspek membaca dan hafalan Al-Qur’an, dan jenis-jenis praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

A.    Bidang Ujian Praktik dan Kemampuan yang Diuji
Bidang-bidang yang diujikan sangat banyak, tetapi GPAI bersama Pengurus MGMP dansatuan pendidikan dapat memilih atau menentukan aspek apa saja yang di-uji praktik-kan. Alternatif yang dapat dipilih antara lain:
1.   Al-Qur’an, dengan uji kemampuan membaca dan penerapan tajwid, serta hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an.
2.   Fiqh, aspek yang diuji, antara lain:
a.       Praktek Thaharah (wudhu, tayamum, dan membersihkan najis)
b.      Praktik Shalat (Fardhu Berjamaah, Shalat Sunnah, Shalat Jenazah)
c.       Praktik Dzikir dan Do’a sesudah Shalat Fardhu 
d.      Uji penyelenggaraan jenazah, dapat dikembangkan kepada tata cara memandikandanmengkafani.
3.   Akhlak, aspek yang diuji, antara lain: Adab saat melaksanakakan praktik, yakni: cara berpakaian, adab saat masuk/duduk, adab saat shalat, adab saat membaca dan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an, dan adab saat dzikir dan do’a. 

B.     Pengembangan
1.      Kisi-kisi ini bersifat standar minimal,
2.      Sekolah dapat mengembangkan materi ujian praktik sesuai kondisi setempat,
3.      Materi ujian yang dimaksud meliputi bidang dan jenis kemampuan yang diuji.
a.   Contoh pengembangan aspek ujian.
Bidang
Aspek yang Diujikan sesuai Kisi-kisi Standar
Pengembangan Aspek yang Diujikan
Fiqh
1.    Penyelenggaraan jenazah
1.      Penyelenggaraan jenazah
2.      Infak
3.      Shadakah,
4.      Zakat
5.      Haji
6.      Hukum keluarga
7.      Mawaris

b.   Contoh pengembangan jenis kemampuan yang diuji pada bidang Al-Qur’an.
Bidang
Kemampuan yang Diujikan sesuai Kisi-kisi Standar
Pengembangan Kemampuan yang Diujikan
Al-Qur’an
1.     Kelancaran membaca.
2.     Penerapan tajwid.
3.     Hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an
1.      Kelancaran membaca dan menghafal.
2.      Penerapan tajwid.
3.      Menterjemahkan ayat.
4.      Menjelaskan kandungan ayat.

c.    Instrumen Penilaian
1.      Guru/penguji di sekolah dapat mengikuti format penilaian pada kisi-kisi ini,
2.      Instrumen penilaian untuk materi ujian yang dikembangkan guru dibuat/dikembangkan sendiri oleh guru.

C.  Materi Ujian Praktik
1.  AspekAl-Qur’an
Standar  Kompetensi:
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemampuan  yang diuji  :
Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tugas dan fungsi manusia sebagai khalifah di muka bumi, demokrasi, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Indikator  :
1.      Peserta didik dapat membaca Q.S. Al-Baqarah ayat 30; Q.S. Al-Mukminun ayat 12-14;Q.S.Az-Zariyat ayat 56; Q.S.An-Nahl ayat 78 yang berkaitan dengan tugas dan fungsi manusia sebagai khalifah di muka bumi.
2.      Peserta didik  dapat  membaca Q.S. Ali Imran  ayat 159; Q.S. Asy-Syura  ayat  38yang  berkaitan dengan demokrasi.
3.      Peserta didik dapat membaca Q.S. Yunus  ayat 101; Q.S. Al-Baqarah ayat 164yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Aspek yang dinilai:
Kelancaran membaca dan penerapan tajwid.

2.  Aspek Fiqh
Standar  Kompetensi:
Memahami ketentuan hukum Islam tentang penyelenggaraan jenazah.
Kemampuan yang Diuji:
Melaksanakan penyelenggaraan jenazah.
Indikator:
1.    Mampu memandikan jenazah dengan benar.
2.    Mampu mengkafani jenazah dengan benar
3.    Mampu melaksanakan shalat jenazah dengan baik, lengkap dengan bacaannya.

Aspek yang dinilai:
1.      Ketertiban memandikan jenazah sesuai kaifiyah.
2.      Ketertiban mengkafani jenazah sesuai dengan kaifiyat.
3.      Kelancaran bacaan dan gerakan shalat jenazah.




D.  PENILAIAN
1.   Contoh Format Penilaian Aspek Al-Qur’an

PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
USBN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Tingkat                      : Sekolah Menengah Atas / Kejuruan
Nama Sekolah           : …………………………………………..
Aspek                        : Al-Qur’an
Tanggal Ujian            : …………………………………………..
Surat/Ayat                 : …………………………………………..

NO
NAMA SISWA
KELANCARAN
(A)
TAJWID
(B)
NILAI
(N)
1




2




3




dst




Keterangan
1.      Nilai maksimal tiap item (A/B) maksimal 10
2.      Nilai (N) = A + Bx 100
    20
………………….20…..
Penguji,


…………………..


2.      Contoh Format Penilaian Aspek Fiqh
PENILAIAN UJIAN PRAKTIK
USBN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Tingkat                      : Sekolah Menengah Kejuruan
Nama Sekolah           : …………………………………………..
Aspek                        : Fiqh
Tanggal Ujian            : …………………………………………..

NO
NAMA SISWA
MEMANDIKAN
JENAZAH
SHALAT JENAZAH
MENGKAFANI JENAZAH
SKOR PEROLEHAN
NILAI
(N)
TERTIB
(a)
BACAAN
(b)
GERAKAN
(c)
URUTAN
(d)
KERAPIHAN
(e)
1








2








3








dst








Keterangan :
1.    Skor maksimal tiap item (a/b/c/d/e) maksimal 10
2.    Skor Perolehan = a+b+c+d+e
3.    Nilai (N) = Skor Perolehan  x 100
     50
NILAI AKHIR =  X 100
 
………………….20…….
Penguji,

…………………..


3.      Contoh Format Nilai Akhir Ujian Praktik PAI

NILAI UJIAN PRAKTIK
   
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam
Nama Sekolah           : ……………………………

NO
NAMA SISWA
AL-QUR’AN
(A)
FIQH
(B)
NILAI
(N)
1




2




3




dst




Keterangan:
·        Nilai A diambil dari Nilai Aspek Al-Qur’an (Contoh format Penilaian Aspek Al-Qur’an)
·        Nilai A diambil dari Nilai Aspek Fiqh (Contoh format Penilaian AspekFiqh)
·        Nilai Akhir (N) = A + B : 2

………………….20….
Penguji,


                                                                                                            …………………..



4.      Contoh Format Penilaian BeberapaAspek (Gabungan)

LEMBAR PENILAIANUJIAN PRAKTIK
USBN Pendidikan Agama Islam
Tahun Pelajaran 2016/2017

Nama               : .........................................................
No. Ujian        : ......................................... 
Kelas               : .....................
No
Komponen
Kriteria Penilaian
Skor
Maksimal
(100)
Skor
yang
Diperoleh
A
Ibadah



1. Praktik shalat fardhu
    Berjamah
Kefasihan bacaan
4

Keserasian gerak
3

Penguasaan makna
3

2. Praktik shalat jenazah
Kefasihan bacaan
4

Keserasian gerak
3

Keterampilan & tertib rukun
3

3. Praktik shalat dalam
       dalam berbagai  keadaan
Kefasihan bacaan
4

Keserasian gerak
3

Penguasaan makna
3

4. Praktik shalat sunnat
    dan doanya
Kefasihan bacaan
4

Keserasian gerak
3

Penguasaan makna
3

5. Praktik menterjemahkan
    bacaan shalat
Penguasaan bacaan shalat
5

Ketepatan arti
5

6. Praktik dzikir dan do’a
Penguasaan dzikir dan do’a
5

Pemahaman makna bacaan
5

Jumlah
60

B
Al-Qur’an



1. Bacaan Al-Qur’an
Bacaan yang tartil
5

Makhraj dan kefasihan
5

Tahsinul qira’at
5

2. Hafalan surat pilihan
Kelancaran bacaan
5

Makhraj dan kefasihan
5

Penghayatan
5

Jumlah
30

C
Akhlak



1.     Adab ketika melaksanakan praktik
Adab berpakaian
2

Adab ketika masuk/duduk
2

Adab ketika shalat
2

Adab ketika membaca Al-Qur’an
2

Adab ketika dzikir dan doa
2

Jumlah
10

Total Skor yang Diperoleh

Nilai Akhir

           
Keterangan:
Total Skor yang Diperoleh = Jumlah A + B + C
Nilai Akhir = TotalSkor yang Perolehan x 100
                                    100

            ……….., ……… 20……

Penguji I,                                                                                             Penguji II,



(..................................)                                                                        (...................................)




***

3 komentar:

  1. untuk sholat gaib bisa dipraktekan gak Pak?
    akhir-akhir ini banyak mushibah yang menimpah saudara-saudara kita khushushnya daerah ( NTB, Sulawesi, Lampung dan Banten.

    BalasHapus
  2. KD dan Indikator aspek akhlak belum terperinci ya,,
    terima kasih

    BalasHapus
  3. SBC, KUMBAI, I-League - JTM Hub
    SBC, KUMBAI, I-League - JTM Hub. ⏰ apr casino Popular. 수원 출장샵 100% satisfaction guaranteed ⭐ More Info. Menu. 전주 출장마사지 ⚡️ Online. Show 용인 출장안마 More. About. 안양 출장샵 Product Name.

    BalasHapus